Dieny & Yusuf

Jajan Pasar

Posted on: March 3, 2007

awugAneka jajanan pasar Bandung seperti awug (di jawa timur disebut puro), yaitu makanan yang terbuat dari tepung beras dicampur kelapa dan gula merah terus dikukus. Biasanya berbentuk kerucut seperti kukusan yang terbuat dari anyaman bambu, atau seperti tumpeng dan bergaris-garis coklat, yang merupakan penampakan dari gula merahnya. Ada juga getuk ciwel yang terbuat dari singkong dan menggunakan merah untuk membuat warnanya hitam. Getuk ciwel biasanya berwarna putih agak kuning, dan hitam. Dipotong-potong dadu diberi parutan kelapa dan diatburi gula putih. Lalu tidak ketinggalan ada kelepon yang kalau digigit mak nyus gula merahnya kadang muncrat ke pipi kita bikin keasikan tersendiri, lupis, jongkong, putu ayu. Ada lagi ali agrem, terbuat dari tepung beras, berbentuk cincin, warnanya coklat dan manis rasanya. Jajanan pasar ini banyak dijual dengan memakai gerobak. Ada yang dijual pagi tapi banyak pula yang mulai dijual menjelang sore. Di depan pasar – pasar tradisional biasanya tempat mangkalnya gerobak penjual jajanan pasar ini. Di depan rumah sakit Santo Yusuf Cicadas (orang bandung lebih familiar menyebutnya dengan pasar Cicadas), bisa anda temui menjelang sore. Eh ada lagi,  colenak………Nanti saya ceritakan yang sudah ditulis oleh Pikiran Rakyat saja. (orang Bandung menyebut Harian Pikiran Rakyat dengan sebutan PR)

6 Responses to "Jajan Pasar"

Uenak tenan… tp kalau mau aneka makanan enak lagi… coba deh datang ke Medan, pasti ga nyesal.

medan, saya suka sekali mie aceh.mau nyoba gulai kerbau belum sempat.pertengahan maret kemarin mau nyoba soto medan yg di sei deli tapi sdh tutup. Jajanan pasar medan apa ya?

Woo… kalo di medan tu gudangnya makanan. Tapi, kalo jajanan pasar Medan apa ya? Di sini selain soto medan, mie aceh, orang medan juga paling suka bakso, mie ayam, ayam kalasan, sate, martabak telor, ikan bakar, dan yang tradisional gitu. Aku rasa mirip Bandung juga ya… tapi, yang bikin khas di sini itu ya soto medan lah..

Tolong dong aku dikasih tahu dimana yang jualan awug di bandung? bukan tiap hari ngak?, tolong dong kirimin balesannya ke alamat email saya.minggu depan saya mau ke bandung Kangen banget sama awug bandung. saya lahir dan besar di bandung, dulu mah hampir tiap minggu saya jajan awung

Waaaaaaaaaaaaaah jadi kangen kampung halaman cimahi neeh, di betawi rada susah nyari harus kepasar, klo di cimahi tar juga datang sendiri biasanya yang jualan udah satu paket Tiwul,Awug,Cenil,Lupis & Gatot nah tinggal pilih deh sesuai selera……………….mak yos

yah betul…..plus getuk jiwel…..yang warnanya hitam, putih dan kuning tua.kadang2 sekalian ada klepon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2007
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: