Dieny & Yusuf

Kampung Mahmud

Posted on: March 2, 2007

Lokasi dan Lingkungan
Secara administratif Kampung Mahmud termasuk ke dalam wilayah Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Posisi tepatnya, Kampung Mahmud, berada di RW 04, dengan hanya dua RT di dalamnya, yakni RT 01 dan RT 02.
Tempat itu cukup mudah dijangkau dari Kota Bandung, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Ada beberapa aternatif rute yang dapat ditempuh menuju Kampung Mahmud, khususnya dengan kendaraan umum. Pertama, dari terminal Kebun Kelapa menggunakan angkutan kota dengan rute Kebun Kelapa -Cibaduyut, lalu berhenti di terminal Tegallega. Dari terminal tersebut, menggunakan angkutan kota dengan rute Tegallega-Mahmud, kemudian berhenti di lokasi Kampung Mahmud. Di bawah pukul 09.00 WIB, angkutan tersebut biasanya hanya sampai Bumi Ash I. Untuk melanjutkan perjalanan ke Kampung Mahmud, tersedia delman atau ojeg.
Alternatif kedua, dari terminal Kebun Kelapa menggunakan angkutan kota dengan rute Kebun Kelapa – Cibaduyut, lalu turun di terminal Leuwi Panjang. Dari terminal itu naik angkutan kota dengan jurusan Cipatik, lau berhenti di Rahayu. Selanjutnya naik ojeg menuju Kampung Mahmud. Perjalanan melalui kedua rute tersebut menghabiskan waktu lebih kurang 90 menit.
Mengenali Kampung Mahmud cukup mudah, karena ada gapura bertuliskan Makom Mahmud. Itu artinya, tempat yang dituju sudah ada di depan mata. Makom Mahmud sendiri merupakan tempat makam keramat yang banyak dikunjungi para peziarah, baik dari lingkungan setempat maupun dan luar kampung Mahmud.

Kampung Mahmud menempati lokasi yang terpisah dengan perkampungan Iainnya. Batas-batas yang mengelilingi kampung Mahmud adalah SungaiCitarum. Tepatnya, batas Kampung Mahmud di sebelah barat, selatan, dan timur adalah Sungai Citarum lama. Adapun di sebelah utara, Kampung Mahmud berbatasan dengan Sungai Citarum baru.
Kampung Mahmud juga menempati satu dataran yang agak rendah atau lengkob dalam bahasa Sunda. Meskipun demikian, tempat tersebut tidak pemah mengalami banjir. Dalam pandangan masyarakat Mahmud, itu berkat tuah atau barokah dari tanah karomah yang menjadi asal-usul kampung tersebut.
Secara geografis, Kampung Mahmud memang berada di pinggiran Sungai Citarum dan agak terpisah dari perkampungan lain di sekitamya.

Kondisi geografis seperti itu tidak menutup peluang warga Mahmud berkomunikasi dengan orang luar Kampung Mahmud. Pertama, ada sarana transportasi berupa jembatan kokoh dan mulus di atas Sungai Citanam yang mempermudah keluar masuknya berbagai alat transportasi ke tempat tersebut. Kedua, media komunikasi berupa telepon pun sudah mulai masuk. Dengan demikian, mudah bagi mereka menjalin komunikasi dengan dunia luar. Dalam hal ini, termasuk juga mengenal dunia luar melalui media elektronik seperti radio dan televisi; juga media cetak seperti surat kabar, majalah, atau buku. Selain itu, mereka sudah terbiasa dengan kunjungan para peziarah dari daerah lain.

Sumber: Kampung Adat dan Rumah Adat di Jawa Barat

Disbudpar Jabar 2002

2 Responses to "Kampung Mahmud"

Penah ikut ziarah sama teman, tepat malam jum’at kliwon. setelah mencicipi pisang goreng dan kopi hangat yang disajikan oleh penjual di kedai tsb, terus ambil wudhlu kita menuju makom dan melewati gang-gang kedai kopi dan penjual pernak pernik spt tasbih, minyak wangi, dll.. sampai dimakom kita mulai bergabung dengan ratusan peziarah lain yang sedang melantunkan “Asma Allah” dan berzikir dengan khusu’ mengharap ridho Allah Swt agar arwah para Waliyullah tsb mendapat tempat yang layak disisNya. Dan berdo’a agar diberikan keselamatan dan kebahagiaan dunia akhiran bagi penziarah itu sendiri. Setelah 1 jam lamanya kami menyudahi acara ziarah tsb dan semoga bermanfaat, Amin

Betul Mas Jamaludin di Mahmud ada Maqam keramat Eyang Mahmud,dan Eyang Maris ,seandainya mas ziarah lagi ke Mahmud, ada baiknya setelah dari Mahmud, mas Jamaludin menyempatkan diri berkunjung ke “Dara Ulin” (Lokasi berseberangan dengan Mahmud), disana ada 4 maqom keramat (waliyullah) dan salah satunya keturunan eyang Mahmud juga di cigondewah juga ada maqom yang juga masih keturunan eyang mahmud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2007
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: