Dieny & Yusuf

Kampung Dukuh

Posted on: March 2, 2007

Secara administratif, Kampung Dukuh termasuk dalam kawasan RT 02 dan 03 RW 07 Desa Cijambe Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Jarak Kampung Dukuh dari Desa Cijambe + 9 km, dari kota kecamatan ± 10 km, dad pusat pemerintahan Kabupaten Garut sekitar 100 km dan dari Bandung + 160 km ke arah selatan.
Kampung Dukuh dapat dicapai dari Garut dengan menggunakan kendaraan umum jurusan Cimari atau Cikelet. Kendaraan umum Garut – Cimari melalui Cijambe, sedangkan bila menggunakan trayek Garut – Cikelet, harus menggunakan kendaraan umum lagi untuk sampai di Cijambe. Dad Cijambe perjalanan ditempuh dengan ojeg sepeda motor atau berjalan kaki karena tidak ada kendaraan umum selain ojeg yang menuju Kampung Dukuh.
Jalan beraspal hanya sampai di Cijambe. Sedangkan jalan dad Cijambe ke Kampung Dukuh masih berbatu-batu dan tidak rata, naik turun
relatif terjal, agak sempit, serta kiri- kanannya terdapat tebing dan jurarig. Kendaraan beroda empat dengan kondisi prima bisa melewatinya sampai pamenekan yaitu persimpangan menuju Kampung Dukuh. Kondisi jalan dari pamenekan ke Kampung Dukuh yang berjarak ± 1 km, berupa jalan setapak yang kiri-kanannya dipenuhi semak belukar dan pohon jati.
Ketinggian Kampung Dukuh adalah sekitar 390 m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 26° C dan letak astronomis Dada saris 7° – 8° LS. 70 – 108° BT. Udara di Kampuna Dukuh vans luasnva sekitar 5 Ha ini tidak begitu panas (sedang) meskipun terletak hampir di pesisir selatan. Hal ini mungkin karena pengaruh hutan lebat di sebelah utara kampung. Letak kampungnya sendin di tanah miring, di lereng Gunung Dukuh dan terpencil dari kampung-kampung lainnya yang satu desa tetapi tidak membuatnya sulit untuk melakukan komunikasi karena kondisi jalan yang cukup balk. Batas-batas administrasi Kampung Dukuh adalah
• Sebelah utara berbatasan dengan Kampung Palasari Desa Karangsari.
• Sebelah selatan berbatasan dengan Kampung Cibalagung Desa Cijambe
. Sebelah timur berbatasan dengan Kampung Nangela Desa Karangsari.
• Sebelah barat berbatasan dengan Kampung Ciawi Desa Cijambe.

Sumber: Kampung Adat dan Rumah Adat di Jawa Barat

Disbudpar Jabar 2002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2007
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: