Dieny & Yusuf

Jajanan Khas Bandung

Posted on: March 3, 2007

Yang paling ngangenin di Bandung adalah aneka makanan yang bisa dengan mudah dijumpai di setiap sudut kota. Mulai dari makanan ringan, jajanan dan panganan bisa kita jumpai baik di kelas gerobak pinggir jalan, warung tenda, café sampai restoran.

Berkunjung ke Bandung kurang afdol bila tanpa menikmati makanan khas sunda. Berbicara masakan sunda tidak akan terlepas dengan lalapan dan goreng-gorengan. Daging gepuk, jeroan, gurami goreng, juga ikan mas akan kita jumpai dalam menu-menu masakan sunda. Nasi timbel ditemani dengan ayam goreng, tempe bacem, ikan asin dengan ditemani sambel terasi dan lalapan akan membuat ngiler lidah Anda.

Anda bisa menemukan rumah makan atau warung yang menyajikan masakan sunda antara lain di: Restoran Sari Sunda, Restoran Dago Panyawangan, Restoran Bale Gazeboo, Restoran Parahyangan, RM Sindang Reret, RM AA Laksana, RM Ampera dll.

MINUMAN KHAS “si Mang Ting Ting”

Bajigur, bandrek, sekoteng adalah minuman hangat khas Bandung. Khusus untuk sekoteng saya sangat hapal setiap malam si mang sekoteng  (orang Bandung menyebut tukang penjual dengan sebutan “si mang” yang artinya paman. Kalau di Jawa Tengah atau Jawa Timur disebutnya “Pak de”, kalau di Jakarta disebutnya “si abang”) lewat di depan rumah sekitar jam setengah sepuluh dengan memukul-mukul mangkot dengan sendok berbunyi nyaring “ting…ting….ting….”. Dan saya sering menyebutnya “ si mang ting ting”.  Sekoteng adalah minuman yang terdiri dari roti tawar dipotong segi empat, bubur mutiara, di kasih kuah jahe dan ditaburi kacang tanah goreng dan diberi susu. Minuman ini mirip dengan ronde kalau di daerah jawa tengah atau jawa timur. Pengen tau harganya? Cuman 1500-2000 perak!!!.

Untuk Bajigur biasanya dijajakan di siang hari dengan menggunakan gerobak disertai dengan pisang rebus, ubi dan makanan rebusan lainnya.

Anda bisa menemuinya minuman-minuman hangat tersebut malam hari di Jl. Cilaki. Wah…asyik banget. Udara dingin sambil nyruput bandrek hangat dibawah rerimbunan pohon-pohon di Jl. Cilaki, sambil ngunyah gorengan. Nyam……

Mau minuman khas yang dingin? Anda bisa menikmati Cendol Elizabeth atau Es Campur Oyen yang sudah melegenda di Bandung. Es krim duren dengan toping tape ketan hitam dengan gelas plastik putih bergambar bulatan-bulatan merah banyak Anda temui dijual dengan menggunakan gerobak. Yang terbaru adalah Sop buah, yang merupakan potongan berbagai macam buah lalu diberi es dan sirop gula.Aduh….segarnya…!Anda bisa jumpai ini di Jalan Cilamaya (samping gedung sate), atau di jalan Tubagus Ismail. Es sekoteng di Taman Cibeunying, serta es goyobod di jalan Kliningan. Es kelapa muda dengan daging kelapanya yang banyak dan lembut dan di campur dengan alpukat akan naik turun jakun kkita melihatnya. Orang Bandung bilang…”siga enak euy….!”

JAJANAN KHAS

Siomay, batagor, mie Kocok, bisa disebut dengan Bandung banget. Bila Anda di Jakarta dan sekitarnya maka Anda akan menemui si abang siomay yang kebanyakan dari daerah Majalengka  dengan gerobak yang bertuliskan HOKKIE, itu adalah merek siomay yang terkenal di Bandung.Yang ditiru mereka, yang kalau kita tanya kok pakai nama hokkie mereka sendiri tidak tahu asal-asulnya. Cuman sekedar ikut-ikutan seniornya saja. Untuk siomay di dekat SPBU pahlawan adalah sangat lezat sekali, harganya juga masih Bandung banget alias masih murah. Batagor Anda bisa temui batagor Riri di jl. Veteran, Batagor Haji Isan. Untuk Mie Kocok ada mie Kocok Mang Deden, ada juga mie kocok faforit saya di deket stasiun. Ada juga martabak Sanfransiska, Martabak Holland Martabak Intisari, atau banyak tukang maratabak di setiap jalan di malam hari dengan harga sekitar 5-10 ribu per porsi!! Mie bakso adalah makanan kedua bagi warga Bandung setelah nasi. Bubur Ayam juga jangan Anda lupakan. Bubur ayam Amid A di jalan Pajajaran. Yang paling saya kangenin ketika tinggal di luar Bandung adalah habis solat subuh sarapan bubur ayam atau surabi……Ada yang terlewat…. Ada juga colenak (dicocol enak) jajanan tradisional berupa tape yang dibakar llalu di beri kelapa parut dan gula merah. Anda bisa temuakn di Colenak Murdi Putra di Jl. Ahmad Yani.

BAWA OLEH-OLEH BANDUNG?

Bila Anda selesai berkeliling Bandung dan akan pulang, jangan lupa Bandung punya oleh-oleh yang akan membuat Anda diingat oleh orang yang Anda bawakan. Pisang Molen Kartikasari, Brownies Prima Rasa,  Brownies Kukus Amanda adalah makanan kreasi Bandung yang sangat ditunggu oleh teman, saudara atau kolega Anda sekembalinya dari Bandung. Dodol garut, kripik oncom, kripik tempe adalah oleh-oleh tradisional yang identik dengan Bandung. Pasar Baru, Pasar Kosambi, deket terminal Leuwi Panjang adalah tempat – tempat yang menjual oleh-oleh tardisional ini.

RINDU MAKANAN KHAS DAERAH ANDA KETIKA DI BANDUNG?

Sebagai kota pendidikan, pusat-pusat pelatihan maka di Bandung banyak dihuni pendatang dari daerah lain, sehingga makanan-makan khasnya pun ikut bermuculan di Bandung. Pempek adalah makanan yang bisa dikatakan setelah Palembang maka masyarakat  Bandung adalah yang berikutnya penyuka makanan ini. Bebek Darmo, Ayam Goreng Suhart, Ayam Goreng Wong Solo, Empal Gentong Cotto Makasar, Bakso Malang juga akan jumpai di Bandung. Untuk bakso, Bakso Malang Karapitan adalah bakso yang sudah identik dengan Bandung.

WARUNG TENDA

Warung tenda bukan sesuatu yang aneh dibandung. Baik yang konsepnya seperti café maupun seperti warung tenda biasa. Masakan khas sunda, seperti nasi timbel bisa Anda jumpai di dekat masjid Istiqomah, ada juga nasi timbel jl. Mangga, jl. Bawean dan tempat-tempat lainnya.

Untuk malam hariJl. Dago, Jl. Cilaki, Jl. Burangrang, Jl. Dipati Ukur merupakan daerah santapan malam di Bandung. Bila anda menuju ke arah Lembang maka disepanjang jalan Setia Budi Anda akan temui Surabi dengan kreasi baru, juga jagung bakar dan susu murni yang enak disruput dalam keadaan hangat. Roti bakar, pisang bakar maupun Internet singkatan dari Indomei Telur Kornet. Ketan Bakar dimakan dengan sambal oncom juga jangan lupa untuk Anda jajal.

Artikel Tentang Jajanan Yang Lain Klik: Lotek Kalipah Apo

4 Responses to "Jajanan Khas Bandung"

mie ayam paling enakk dunk tampilin di artikel maaaaass

nasi timbel ma nasi bakar yang enak tampilin dunk ….!!!
cos aku seneng banged tuwh !!!!!!!!!!!

baksooo dwnk yang paling enk,,,,,,
banyk bgT Aneka ragam bakso!!!!!
“””Pkok’y wenakk”’

kok pada lupa makanan khas bandung yang super lezat ya aneka pepes ikan plus nasi timbel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2007
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: